Proses Moulding Plastik Dari Material Mentah Menjadi Produk Akhir

Proses moulding plastik menggunakan bantuan mesin-mesin canggih yang menggunakan sistem injeksi. Melalui prosedur inilah, material plastik mentah diolah menjadi aneka macam produk. Tidak hanya barang-barang kebutuhan sehari-hari, bahkan berbagai komponen elektronika pun terbuat dari plastik. Penasaran bagaimana langkah-langkahnya?

Proses Moulding Plastik Dari Material Mentah Menjadi Produk Akhir

  1. Proses ekstraksi dari bahan mentah

Proses yang pertama ialah diawali dengan ekstraksi material mentah. Material ini diperoleh dari alam yang kemudian diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan produk mentah untuk masuk ke proses pengolahan selanjutnya.

Bahan mentah plastik adalah molekul polimer yang didapat dari pengolahan minyak bumi serta gas alam. Jadi kedua bahan tambang ini sangat berpengaruh besar terhadap kualitas bahan baku yang dihasilkan.

Tentunya tidak semua wilayah mampu menghasilkan minyak bumi dan gas. Untuk itu diperlukan beberapa penelitian khusus untuk dapat menemukan tata letak sumber kedua bahan tersebut. Dengan begitu proses penambangan bisa dilakukan dan material mentah untuk pembuatan bahan plastik pun dapat diperoleh.

  1. Penggunaan metode pemurnian

Pada tahap ini dilakukan proses moulding plastik untuk memurnikan bahan mentah tadi agar mendapat unsur-unsur yang bisa dipakai dalam pembuatan plastik. Dari minyak mentah ini, hanya diambil produk berupa petroleumnya saja untuk kemudian diproses pada tahap selanjutnya.

Produk petroleum inilah yang diambil salah satu unsur yang disebut monomer. Monomer merupakan unsur-unsur pembentuk polimer yang merupakan cikal bakal plastik. Untuk bisa mendapatkan monomer, maka petroleum harus menjalani proses destilasi.

Destilasi merupakan proses pemanasan pada suhu tinggi untuk memisahkan minyak mentah yang berat dengan senyawa pembuatan plastik. Nantinya untuk pembuatan polimer, senyawa krusial sebagai bahan dasar plastik itu akan diambil. Pemisahan pun dilakukan sehingga didapatlah zat-zat yang dibutuhkan saja.

  1. Tahapan polimerisasi

Proses moulding plastik ketiga masuk ke tahap polimerasi. Di tahap inilah berbagai jenis monomer disatukan untuk membentuk polimer. Jenis-jenis monomer tersebut antara lain: butylene, ethylene, propylene, dan lain sebagainya. Zat-zat itu kemudian dikonversi sehingga membentuk hidrokarbon yang memiliki berat molekul besar.

Tahap penyatuan monomer-monomer menjadi polimer inilah yang disebut dengan proses polimerasi. Terdapat dua metode polimerasi yang kerap digunakan yakni polimerasi adisi dan kondensasi.

  1. Pembuatan compounding

Pada tahapan ini terjadi pencampuran beberapa jenis material bahan plastik yang disatukan dalam suhu tinggi. Kemudian terbentuklah granula-granula plastik dengan sebutan pelet. Pelet ini yang nantinya diolah dalam proses moulding injeksi menjadi berbagai bentuk produk-produk berbahan dasar plastik.

Seluruh proses moulding plastik tersebut dijalankan secara seksama di pabrik produksinya masing-masing. Di mana setiap produksi tersebut diberlakukan standarisasi sehingga menghasilkan kualitas mutu yang sama satu dengan lainnya. Setelah seluruh proses dijalani dengan benar, maka dihasilkanlah barang-barang plastik yang siap dipasarkan.