Tahapan Produksi Injection Molding yang Harus Dilalui

Produksi injection molding ini lebih banyak ditemui di sekitar pada perabotan rumah tangga hingga perlengkapan industri. Setiap barang-barang yang dihasilkan dari injection molding ini berupa produk yang menggunakan bahan plastik.

Bahan plastik ini mempunyai berbagai campuran kimia yang telah ditambahkan dengan karakteristik plastik yang berbeda-beda. Berikut ini contoh proses produksi dengan mesin injection molding yang perlu Anda pahami.

Tahapan produksi injection molding

Dalam menerapkan proses untuk injection morning ini memiliki variasi sesuai dengan jenis dan bentuk dari produk plastik yang nantinya akan dihasilkan. Akan tetapi, pada umumnya untuk proses dari kegiatan ini bisa dibentuk dengan langkah cetakan terlebih dahulu.

  • Tahap posisi cetakan

Pada tahapan untuk memulai injection molding dengan memperhatikan posisi cetakan yaitu terbuka penuh yang telah diatur sesuai kebutuhan. Sehingga nantinya akan menghasilkan produk yang dapat dikeluarkan ataupun diambil dengan cara yang lebih mudah.

Termoplastik yang memiliki bentuk berupa butiran ataupun bubuk akan ditampung terlebih dahulu di hopper. Setelah itu, akan diturunkan ke bagian barrel dengan menggunakan sistem otomatis yang dilelehkan menggunakan pemanas di bagian dinding barel. Hal ini juga dipengaruhi oleh perputaran dari sekrup injeksi itu sendiri.

  • Tahap pengisian

Proses produksi injection molding melalui tahap pengisian, sehingga plastik yang telah meleleh akan diinjeksi dengan memanfaatkan sekrup injeksi. Langkah ini bisa dilakukan dengan melalui nozzle pada cetakan yang menggunakan pendingin dari air.

  • Tahap pengisian ulang dan pendinginan

Kemudian, perlu dilakukan pengisian ulang dan proses pendinginan. Di tahapan inilah plastik cair akan diberikan suntikan terhadap siklus yang dilakukan secara bersamaan terhadap proses pendinginan cetakan plastik.

Sementara itu, untuk proses pendinginan produk dilakukan secara bersama-sama pada bagian barrel dengan adanya proses pelelehan plastik. Ketika produk tersebut sudah dikeluarkan dari cetakannya dan cetakan tersebut akan menutup. Adanya plastik yang telah dilelehkan tersebut dapat dilakukan injeksi secara langsung.

  • Tahap membuka cetakan

Di tahapan untuk proses dalam melakukan injeksi molding berikutnya dengan membuka cetakan. Produk plastik yang telah dilelehkan dan menjadi dingin tentunya akan mengeras ketika sudah dikeluarkan dari cetakan tersebut.

Proses untuk mengeluarkan dari cetakan cenderung lebih mudah karena memiliki alat khusus yaitu pendorong hidraulik. Penggunaan komponen tersebut sudah langsung tertanam di bagian rumah cetakan yang digunakan.

Gerakan untuk proses pelepasan produk yang berasal dari cetakan bisa menggunakan ejector. Sehingga nantinya bisa mendorong produk tersebut dari bagian core supaya lebih mudah dalam proses pengambilannya.

Produksi injection molding yang tepat ini dapat diterapkan dengan posisi produk harus menempel di bagian sisi core. Terlebih pada saat cetakan yang digunakan tersebut terbuka. Hasil akhir untuk plastik yang telah dicetak tidak akan menempel di sisi cavity.

Itulah proses untuk melakukan produksi injection molding melalui tahapan pencetakan supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Produk yang dihasilkan dari pabrik injection plastik bisa dimanfaatkan secara maksimal dengan menyesuaikan bahan plastik yang digunakan.