Jenis-jenis Plastic Injection Molding yang Sering Dipakai di Pabrik

Plastic injection molding merupakan material yang dapat dipertimbangkan untuk penentuan desain pada cetakan mesin. Material serta aditif dari plastik lebih banyak dimanfaatkan dengan dampaknya yang cukup besar terhadap proses aliran lelehan plastik melalui mold.

Jenis Plastic Injection Molding yang Sering Dipakai di Pabrik

  1. Polikarbonat

Polikarbonat menjadi jenis plastik yang sangat kuat dan awet. Penggunaan jenis plastik inilah yang lebih cocok dimanfaatkan untuk mendukung proses dalam membuat produk plastik seperti kacamata pelindung visor ataupun face shield.

Plastik polikarbonat mempunyai tingkat termoplastisitas yang sangat tinggi. Sehingga ketika dilelehkan dapat dibentuk kembali tanpa menimbulkan degradasi pada materialnya. Hal inilah yang menjadikan plastik polikarbonat bisa dibentuk dan dilakukan daur ulang dengan cara yang mudah.

  1. Polipropilena

Polipropilena menawarkan kelebihan plastic injection molding yang bisa digunakan dalam mendukung proses produksi produk plastik. Pada material inilah menjadi pilihan yang sangat umum dimanfaatkan untuk injection molding.

Hal ini dikarenakan, materialnya memiliki sifat yang mudah untuk dicetak. Plastik polipropilena menawarkan sifat yang sangat unggul karena tahan zat kimia, memiliki resistan pada kelembaban dan tahan benturan.

Sehingga dapat dijadikan sebagai pilihan yang paling tepat untuk penggunaan produk yang baik dalam proses injection molding. Meskipun dari materialnya memiliki struktur semi kristalin. Namun, menawarkan viskositas dengan tingkat leleh yang lebih rendah dan bisa mengalir dengan baik saat kondisinya cair.

  1. Polietilena

Polietilena menjadi jenis plastik yang lebih banyak digunakan di dunia. Hal ini dikarenakan, jenis plastik ini menawarkan rentang kegunaan yang terbilang cukup luas.

Plastik polietilena bisa diaplikasikan dengan berbagai jenis produk seperti halnya mainan anak, kantong belanja plastik, kemasan botol, dan tempat sampah. Polietilena adalah termoplastik dengan tingkat resistensinya yang cukup tinggi.

Sehingga keunggulan plastic injection molding untuk jenis ini tahan terhadap cuaca ekstrem dan memiliki elastisitas yang sangat kuat. Selain itu, polietilena menawarkan kemudahan untuk dilakukan proses daur ulang supaya bisa menjadi produk plastik baru. Pemilihan jenis plastik inilah yang sangat cost effective apabila dibandingkan dengan beberapa jenis plastik yang lain.

  1. Acrylonitrile Butadiene Styrene

ABS merupakan jenis plastik yang keberadaannya sudah sangat populer untuk mendukung injection molding. Sifat yang dimiliki oleh jenis plastik ini menawarkan karakteristik mekanisnya yang jauh lebih baik.

Penggunaan ABS akan merasakan stabilitas dimensional yang lebih baik, rentang suhu lebih luas, mudah diproduksi serta tahan pada zat kimia. Dengan keunggulan yang dimilikinya bisa menjadi bahan pertimbangan dalam mendukung proses injection molding. Tidak heran jika banyak yang menggunakan material plastik ABS dan membuatnya semakin populer sebagai material injection molding.

Itulah jenis plastic injection molding yang saat ini sudah banyak tersedia di pasaran dalam mendukung proses produksi produk plastik. Material untuk injection molding bisa disesuaikan terhadap kebutuhan dalam menghasilkan produk.